Film Jomblo, Persahabatan dan Perubahan Status

Film Jomblo, Persahabatan dan Perubahan Status
Film Jomblo 2006, Dok : IMDB.COM

 

Film Jomblo yang rilis pada 2006 silam dan disutradarai Hanung Bramantyo, menyuguhkan sebagian alasan mengapa orang jomblo alias tidak memiliki pasangan dan bagaimana cara melepaskan dari kesendirian tersebut. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya ini, mengisahkan empat mahasiswa Universitas Negeri Bandung (UNB) jurusan teknik sipil yang semuanya jomblo, mereka berusaha mencari cara mengganti statusnya tersebut. 

Doni (Christian Sugiono), beralasan memilih sendiri meskipun banyak cewek yang mengejarnya karena tidak ingin berkomitmen, sementara Olip (Rizky Hanggono) jadi pengagum rahasia salah satu mahasiswi di kampusnya yang berbeda jurusan bernama Asri (Rianti Cartwright). Sayangnya jangan mengungkapkan isi hatinya sekedar berkenalan dengan Asri pun, Oliv tidak memiliki keberanian. 

Sementara Agus (Ringgo Agus Rahman) berusaha mengganti statusnya dengan cara mendekati cewek, memberikan bantuan tanpa diminta dan mengejarnya dengan penuh pengorbanan, sedangkan Bimo (Dennis Adhiswara) seringnya ditolak cewek karena cara pendekatan yang tidak elegan. 

Merasa bahwa kampus mereka yang kebanyakan diisi mahasiswa, sehingga bakal kesulitan untuk mendapatkan pacar. Keempat cowok ini rajin menyambangi Kampus Universitas Negeri Jatinangor (Unjat) untuk mencari kecengan yang mungkin bisa dijadikan pacar, meskipun jarak antara kedua kampus itu lumayan jauh. Sebenarnya cara ini dilakukan untuk Agus dan Bimo sementara Doni dan Oliv hanya mengantar.

Meskipun berkali-kali mengunjungi Unjat, nyatanya status Agus dan Bimo masih belum berubah. Hingga suatu hari Agus disuruh kakaknya Teh Guti (Tike Priatnakusumah) untuk berbelanja kebutuhan produksi roti di supermarket. Tanpa disangka Agus bertemu teman perempuannya semasa SMP, Rita (Richa Novisha). Agus yang sedang mencari pacar berusaha mendekati Rita dengan membantunya hingga akhirnya jadian. Ketiga temannya merasa bahagia dengan status Agus yang sekarang. 

Sementara Bimo mendapatkan telepon salah sambung dari cewek bernama Febi (Karenina), yang akhirnya intens saling berkomunikasi hingga janjian bertemu. Sayangnya setelah sampai waktu janjian, Febi yang belum mengetahui secara fisik tentang Bimo begitupun sebaliknya, Febi memilih kabur dan mengaku bernama Dewi meskipun di jaketnya tertulis huruf F untuk memudahkan Bimo mengenalinya.

Di lain cerita Olip didorong ketiga temannya untuk segera berkenalan dan mengungkapkan perasaannya kepada Asri sebelum diambil orang lain. Pasalnya tanpa sepengetahuan yang lain Doni yang tidak pernah tahu sebelumnya Asri pernah bertemu dan jatuh hati pada Asri (biasanya Doni  yang didekati banyak cewek tidak pernah memakai hati menanggapi cewek).


Dari sini komplik terus berkembang, Agus yang telah memiliki pacar merasa terkekang dengan kecemburuan Rita, hingga akhirnya bertemu dengan Lani (Nadia Saphira) mahasiswi satu kampus beda jurusan dan berselingkuh. Bimo belajar cara mendekati cewek dari Doni dan Agus. Sementara Doni lebih dulu mendekati Asri yang akhirnya diketahui Olip. 

Bagaimana akhir dari kisah percintaan dan persahabatan mereka, apakah Agus mengakhiri cinta segitiga tanpa diketahui Rita. Mampukah Bimo mengubah statusnya dan bagaimana tindakan Olip setelah tahu Asri menjadi pacar Doni, apakah persahabatan mereka masih berlanjut?